8 Indikator Blog Sukses - Mana Yang Anda Pilih



sukseskan


Memiliki blog yang sukses merupakan idaman semua blogger. Tak heran, banyak blogger yang bekerja keras untuk mewujudkan hal tersebut. Bagi setiap blogger, kesuksesan ini bersifat relatif dan bergantung kepada target apa yang hendak di raih. Terlepas dari itu, setidaknya ada 8 Indikator blog sukses.


Di bawah ini penjelasannya :


1.  Jumlah Pengunjung

Apa jadinya blog bila tidak didatangi pengunjung? Bisa jadi seperti rumah angker di dalam hutan. Oleh karenanya, para blogger berjuang sekuat tenaga untuk mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin ke blognya. Semakin banyak pengunjung yang datang ke blog (misalnya Seribu orang perhari), maka akan semakin banyak peluang menarik minat pengiklan.


2.  Jumlah Pelanggan

Ditinjau dari jenis salurannya, ada dua jenis pelanggan yaitu pelanggan RSS feed (via feedbunner, blogline dsb) dan pelanggan newsletter (via Aweber, Icontact, dll). Para pengunjung blog secara sukarela berlangganan RSS feed karena merasa konten blog yang di kunjunginya sangat bermanfaat sehingga ia ingin mengetahui postingan selanjutnya tanpa perlu bolak balik untuk mengetahui postingan terbaru blog tersebut.


Sementara itu, pelanggan newsletter  berlangganan karena tertarik dengan eBook, software, dan tools yang dibagikan gratis.
Terlepas dari topik yang di bahas, jumlah pelanggan RSS yang banyak mengindikasikan bahwa konten suatu blog sangat bermanfaat. Hal yang sama berlaku pula untuk jumlah pelanggan newsletter.




3.  Jumlah Postingan Asli

Jumlah postinhan asli menunjukan produktivitas dan profesionalisme tinggi pengelola blog. Mengapa? Banyak blogger yang melakukan Copy paste dan mencuri tulisan blogger orang lain. Mereka ini tidak produktif dan tidak profesional, bukan?


4.  Jumlah Backlink

Seperti halnya jumlah pelanggan, jumah backlink  Juga berkaitan erat dengan kualitas konten. Banyak blogger yang mem-back link tulisa orang lain karena merasa tulisan tersebut akan bermanfaat bagi pengunjung blognya. Oleh karena itu, semakin banyak backlink, semakin bagus.


5.  Page Rank

Page rank yang tinggi meningkatkan gengsi blog baik di mata blogger ataupun pengiklan. Banyak blogger yang ingin bertukaran link dengan blog yang berpage rank tinggu agar page rank blognya naik juga. Bagi para pengiklan, blog berpage rank tinggi adalah sasaran untuk membeli text ads.


6.  Alexa Rank

Indikator ini hampir mirip dengan Page rank. Semakin tinggi alexa rank (misalnya di bawah 100 ribu), semakin terkenal pula blog tersebut.


7.  Jumlah Fans di Facebook Page

Facebook page adalah jembatan antara facebooker dan blogger. Jika seorang menekan tombol suka, maka link postingan terbaru akan muncul di akunnya. Seperti halnya jumlah pelanggan, semakin banyak fans menunjukan bahwa semakin bermanfaat konten blog bersangkutan.


8.  Jumlah Komentar

Dengan mengculaikan sistem komentar do follow, jumlah komentar menunjukan seberapa tinggi pengunjung merespon postingan anda. Semakin positif atau negatif di setiap komentar, maka semakin banyak pula komentar yang di dapat.


Dari 8 indikator di atas mana menurut anda yang terpenting?
Jawab sesuka anda
Jangan lupa untuk like halaman saya di bawah ini. Trimakasih

Subscribe to receive free email updates: