5 Tips Dan Cara Mengembangkan Bisnis
Menjadi seorang pebisnis memanglah bukan perkara yang mudah. siapapun mungkin dapat membangun suatu bisnis. Namun, untuk mempertahankan eksistensi dan mengembangkan bisnia bukan perkara lain.
Strategi yang matang harus di persiapkan untuk membuat bisnis lebih maju nantinya. banyak pelaku bisnis yang tidak memperhatikan hal ini, sehingga yang terjadi nanti adalah kerugian berbisnis.
Memang terkesan menakutkan, tapi jika di pelajari dan dipahami dengan bijak, persoalan seperti ini tentu sudah tentu tidak akan menjadi masalah yang berarti. bahkan akan menjadi sebuah tantangan yang pada akhirnya menumbuhkan ide-ide kreatif dari pelaku bisnis itu sendiri.
kita tentu mengenal sosok Bpk.ciputra, seorang insinyur dan pengusaha di indonesia. ia terkenal sebagai pengusaha properti yang sukses, antara lain pada jaya group, metropolitan group, dan ciputra group.
selain itu juga, ia dikenal sebagai seorang filantropis dan berkiprah di bidang pendidikan, dengan mengembangkan sekolah dan universitas ciputra.
Pada tahun 2011 majalah FORBES salah satu majalah ternama dunia, merilis daftar orang terkaya di indonesia, Ir.ciputra meduduki posisi ke-27 dengan total kekayaan $800 juta. menurut beliau cara membangun bisnis ada beberapa cara mengembangkan suatu bisnis, antara lain :
1. Meningkatkan pemasaran dan perluas jaringan
Dalam meningkatkan pemasaran dan memperluas jaringan, ada beberapa langkah yang harus di tempuh. Pertama, kenalilah pelanggan. investigasi target market anda akan membantu anda dalam menysun strategi marketing yang lebih efektif .
anda dapat membidik pasar di kelompok usia 18-30 tahun jika anda ingin memasarkan produk seperti sport. atau anda membidik fashion wanita dengan memasarkan produk seperti sepatu, tas, dll. Jadi, dengan mengetahui target market anda, anda akan terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia .
Kedua, lakukanlah promosi. Lakukan upaya promosi atau memperkenalkan produk bisnis Anda kepada konsumen. Usahakan agar promosi yang Anda lakukan tersebut konsisten, terus- menerus, dan dengan cara-cara kreatif sehingga para pelanggan tidak merasa bosan.
Misalnya, setiap kali bepergian, bawalah brosur, pamflet, atau leaflet berisi produk bisnis Anda untuk dibagikan kepada rekan-rekan, atau Anda dapat menyebarkan brosur tersebut di tempat umum.
2. Jaringan Melalui Klien yang Sudah Ada dan Vendor
Apakah anda bekerja dengan jaringan melalui klien dan vendor, yang telah memberi anda kesempatan berbisnis berulang kali karena mereka menyukai bisnis anda? maka ambilah kesempatan tersebut untuk mengembangkan bisnis anda.
dan, mintalah mereka untuk merekomendasikan bisnis anda yang akan membantu untuk mengembangkan anda dengan pihak lain.
3. fokus feedback dari pelanggan
mendengarkan apa yang di inginkan kosumen merupaka suatu kegiatan berharga bagi pelaku bisnis. ketika pelanggan memberikan feedback, ada baiknya pebisnis mendengarkan kemungkinan keinginan kosumen adalah keinginan pasar.
dengan kita mengetahui apa yang diinginkan pasar, kita dapat memproduksi barang atau jasa yang memang benar-benar dibutuhkan oleh pasar dana pada akhirnya akan lebih efisien dan mengurangi kemungkinan gagal.
4. Divesifikasi
banyak pebisnis lupa bahwa mereka memiliki kemampuan untuk memberikan penambahan produk dan layanan bagi pelanggan, yang sudah memakai produk anda .
Untuk memahami bagaimana untuk mengembangkan bisnis Anda, pertimbangkan untuk memilih diversifikasi atau perluasan jenis produk dan layanan. Siapa tahu, ini akan membantu Anda untuk menangkap segmen pasar baru.
5. memberikan insentif pada karyawan
Karyawan adalah bagian vital dari perusahaan yang memungkinkan suatu perusahaan dapat beroperasi. Jadikanlah karyawan sebagai partner bisnis dan bukan mesin bisnis. Anda harus perlu untuk meberikan penghargaan untuk para karyawan atas jasa mereka, apakah itu dalam bentuk bonus gaji, penanambahan fasilitas, atau waktu cuti.
** Demikianlah sejumlah tips dan cara untuk mengembangkan bisnis menurut salah satu pengusaha hebat di Indonesia, Ciputra. Akhirnya, tanpa kesungguhan dan berdoa, kita tentu belum tentu bisa sukses menjalani kehidupan bisnis yang memang berat. Tetap semangat!
Strategi yang matang harus di persiapkan untuk membuat bisnis lebih maju nantinya. banyak pelaku bisnis yang tidak memperhatikan hal ini, sehingga yang terjadi nanti adalah kerugian berbisnis.
Memang terkesan menakutkan, tapi jika di pelajari dan dipahami dengan bijak, persoalan seperti ini tentu sudah tentu tidak akan menjadi masalah yang berarti. bahkan akan menjadi sebuah tantangan yang pada akhirnya menumbuhkan ide-ide kreatif dari pelaku bisnis itu sendiri.
kita tentu mengenal sosok Bpk.ciputra, seorang insinyur dan pengusaha di indonesia. ia terkenal sebagai pengusaha properti yang sukses, antara lain pada jaya group, metropolitan group, dan ciputra group.
selain itu juga, ia dikenal sebagai seorang filantropis dan berkiprah di bidang pendidikan, dengan mengembangkan sekolah dan universitas ciputra.
Pada tahun 2011 majalah FORBES salah satu majalah ternama dunia, merilis daftar orang terkaya di indonesia, Ir.ciputra meduduki posisi ke-27 dengan total kekayaan $800 juta. menurut beliau cara membangun bisnis ada beberapa cara mengembangkan suatu bisnis, antara lain :
1. Meningkatkan pemasaran dan perluas jaringan
Dalam meningkatkan pemasaran dan memperluas jaringan, ada beberapa langkah yang harus di tempuh. Pertama, kenalilah pelanggan. investigasi target market anda akan membantu anda dalam menysun strategi marketing yang lebih efektif .
anda dapat membidik pasar di kelompok usia 18-30 tahun jika anda ingin memasarkan produk seperti sport. atau anda membidik fashion wanita dengan memasarkan produk seperti sepatu, tas, dll. Jadi, dengan mengetahui target market anda, anda akan terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia .
Kedua, lakukanlah promosi. Lakukan upaya promosi atau memperkenalkan produk bisnis Anda kepada konsumen. Usahakan agar promosi yang Anda lakukan tersebut konsisten, terus- menerus, dan dengan cara-cara kreatif sehingga para pelanggan tidak merasa bosan.
Misalnya, setiap kali bepergian, bawalah brosur, pamflet, atau leaflet berisi produk bisnis Anda untuk dibagikan kepada rekan-rekan, atau Anda dapat menyebarkan brosur tersebut di tempat umum.
2. Jaringan Melalui Klien yang Sudah Ada dan Vendor
Apakah anda bekerja dengan jaringan melalui klien dan vendor, yang telah memberi anda kesempatan berbisnis berulang kali karena mereka menyukai bisnis anda? maka ambilah kesempatan tersebut untuk mengembangkan bisnis anda.
dan, mintalah mereka untuk merekomendasikan bisnis anda yang akan membantu untuk mengembangkan anda dengan pihak lain.
3. fokus feedback dari pelanggan
mendengarkan apa yang di inginkan kosumen merupaka suatu kegiatan berharga bagi pelaku bisnis. ketika pelanggan memberikan feedback, ada baiknya pebisnis mendengarkan kemungkinan keinginan kosumen adalah keinginan pasar.
dengan kita mengetahui apa yang diinginkan pasar, kita dapat memproduksi barang atau jasa yang memang benar-benar dibutuhkan oleh pasar dana pada akhirnya akan lebih efisien dan mengurangi kemungkinan gagal.
4. Divesifikasi
banyak pebisnis lupa bahwa mereka memiliki kemampuan untuk memberikan penambahan produk dan layanan bagi pelanggan, yang sudah memakai produk anda .
Untuk memahami bagaimana untuk mengembangkan bisnis Anda, pertimbangkan untuk memilih diversifikasi atau perluasan jenis produk dan layanan. Siapa tahu, ini akan membantu Anda untuk menangkap segmen pasar baru.
5. memberikan insentif pada karyawan
Karyawan adalah bagian vital dari perusahaan yang memungkinkan suatu perusahaan dapat beroperasi. Jadikanlah karyawan sebagai partner bisnis dan bukan mesin bisnis. Anda harus perlu untuk meberikan penghargaan untuk para karyawan atas jasa mereka, apakah itu dalam bentuk bonus gaji, penanambahan fasilitas, atau waktu cuti.
** Demikianlah sejumlah tips dan cara untuk mengembangkan bisnis menurut salah satu pengusaha hebat di Indonesia, Ciputra. Akhirnya, tanpa kesungguhan dan berdoa, kita tentu belum tentu bisa sukses menjalani kehidupan bisnis yang memang berat. Tetap semangat!